Jadikan Hidupmu hari ini lebih bermakna dari hari kemarin, dua hari kemarin, atau bahkan 100 hari kemarin, karna hari inilah hidupmu,dan kemarin adalah kenanganmu.......
RSS

Cara sederhana mengurangi Radiasi dari Handphone


Sebagai pengguna telepon genggam atau telepon seluler, dengan tanpa disadari kita pasti akan terkena dampak radiasi yang dikeluarkan oleh hand phone yang sedang kita pakai. Gelombang radiasi ini akan timbul saat Hand phone kita pakai untuk menerima ataupun mengirim panggilan. Dan kitapun tahu akan efek sampingdari adanya gelombang radiasi tersebut.
Secara tidak sengaja saya pernah melakukanpengukuran paparan gelombang radiasi dari Hand phone yang saya pakai dan ini diikuti oleh beberapa teman yang juga memakai HP. Cara pengukuran ini menggunakan suatu alat namanya survey meter. Survey meter ini biasanya ditempat kerja kami dipakai juga untuk mendeteksi adanya pancaran radiasi dari suatu sumber ( X ray ataupun Gamma ray ) oleh para pekerja radiasi. Kami mencoba mengukur seberapa besar radiasi yang ditimbulkan pada saat hand phone menerima panggilaan. ( Pesawat hand phone yang diukur radiasinya adala Siemens C35, S35, M35, Nokia 3310, 3330 dan Ericcson T10s ). Saat hand phone aktif menerima panggilan, HP tersebut kita tempelkan pada Survey meter (seperti halnya kalau kita memakai hand phone dengan menempelkan ditelinga ). Disini survey meter mencatat adanya paparan radiasi antara 5 Mili rem per jam bahkan ada yang sampai 80 Mili rem per jam. Ambang batas yang bisa diterima oleh masyarakat secara umum adalah 0,125 Mili rem per jamnya. Kemudian hal ini kita ulangi lagi tetapi antara pesawat HP tersebut kita beri jarak kurang lebih 5 cm dari alat survey meter.
Disini survey meter menunjukkan penurunan paparan radiasinya. Kemudian kita coba sekali lagi dengan memberi jarak HP kita dengan survey meter kira-kira 10 cm. Hanya beberap jenis pesawat HP saja yang masih terdeteksi adanya sumber radiasi tetapi jumlahnya minim sekali.
Mungkin alat ini tidak cocok dan tidak valid untuk pengukuran radiasi yang timbul dari HP kita. Tetapi setidak-tidaknya dapat kita jadikan acuan bagaimana cara meminimalkan radiasi yang akan kita terima saat HP tersebut kita pakai. Asumsi saya jika kita menggunakan HP dengan menempelkan pesawat tersebut langsung menempel ditelinga, tanpa adanya jarak hal ini akan memberikan radiasi yang diterima oleh organ tubuh kita semakin besar. Karena dari hasil pengukuran yang kami lakukan ada korelasi antara jarak dengan besarnya radiasi yang diterima. Atau dapat juga dengan menggunakan hand free sehingga radiasi yang keluar dari HP tidak akan mengenai tubuh kita. Tapi jangan cemas radiasi yang ditimbulkan oleh HP daya rusaknya tidak sebesar radiasi yang ditimbulkan oleh radioaktif, tapi perlu juga dipertimbangkan sekecil apapun kalau mengenai secara terus menerus akan mengakibatkan gangguan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment